Oleh Fitri Nurhayati
Program Kreativitas Mahasiswa_Pengabdian Masyarakat
PKM-M 2010
- JUDUL
Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VII dalam Menggunakan Media Belajar Berbasis TIK di SMP Negeri 3 Sumbang Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
- LATAR BELAKANG
Internet merupakan suatu media pembelajaran dalam dunia pendidikan yang bersifat instant, sehingga pengguna lebih mudah dalam mengakses fitur-fitur didalamnya. Namun, bagi sebagian kalangan, internet merupakan hal baru yang belum lama dikenal karena ketidakmerataan pendidikan di Indonesia, dibuktikan dengan fasilitas yang berbeda antara sekolah yang berada dipedesaan dan diperkotaan.
Penggunaan internet sesuai dengan kapasitasnya dapat mendukung perkembangan siswa dalam mengikuti perkembangan teknologi
yang semakin maju. Artinya perlu ada pengenalan yang dapat memotivasi anak dalam menggunakan media ini secara bijak. Usia SMP adalah usia dimana perkembangan anak cukup pesat sehingga dapat membentuk pola pikir anak dalam mencerna hal baru disekitarnya. Namun pada dasarnya setiap perkembangan pasti ada kendala. Seperti halnya internet yang mempunyai berbagai kendala dalam pengoperasiannya. Salah satu kendalanya adalah untuk mengakses fitur-fitur di internet membutuhkan jaringan dan keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Tidak semua daerah dapat mengakses internet, karena media ini memerlukan sebuah jaringan yang dapat membawa penggunanya ke dunia maya. Padahal media ini sangat membantu proses pembelajaran untuk meng-up-date informasi yang bersifat dinamis dan kekinian. Sehingga perlu adanya pengenalan internet bagi anak-anak usia SMP.
Menyaksikan ketidakmerataan pendidikan di Indonesia, seperti daerah terpencil yang belum menjangkau akses internet dan tidak banyak mempunyai tenaga ahli untuk mengoperasikannya, maka kami menyusun kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap media pembelajaran berbasis TIK di SMP Negeri 3 Sumbang Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
- PERUMUSAN MASALAH
Melihat proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Sumbang memunculkan permasalahan mendasar yang dapat diselesaikan dengan cara sederhana namun dapat membawa perubahan yang cukup signifikan.
SMP Negeri 3 Sumbang belum menggunakaan media pembelajaran berbasis TIK, dan kondisi geomorfologi yang sulit untuk dijangkau jaringan yang dibutuhkan untuk akses internet. Selain itu tenaga ahli yang sangat minim juga tidak mampu mensosialisasikan penggunaan media ini dengan baik. Untuk itu perlu adanya kerjasama antara tenaga ahli yang mampu mengenalkan media ini kepada siswa dan pihak sekolah yang bersedia menerima kerjasama ini. Kami merencanakan program pengenalan internet kepada siswa yang nantinya akan mengenal dunia maya lebih jauh pada kapasitas yang lebih luas. Kegiatan ini dapat menjawab minimnya pengetahuan internet bagi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sumbang yang menjadi sasaran program ini.
- TUJUAN
Pengenalan penggunaan media pembelajaran ini bertujuan untuk:
1. menerapkan pola pembelajaran dengan media berbasis TIK di SMP N 3 Sumbang Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
2. menemukan terobosan baru untuk menjawab permasalahan pendidikan yang tidak merata antara daerah pedesaan dan perkotaan
- LUARAN YANG DIHARAPKAN
Dengan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK diharapkan dalam kurun waktu kurang dari satu semester siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam belajar setidaknya 50 % siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sumbang dapat menggunakan media pembelajaran ini dengan baik, ditandai dengan indikator peningkatan prestasi siswa dalam belajar.
- KEGUNAAN
Program pengenalan pengguanaan internet ini berguna untuk membantu proses belajar mengajar yang booming mengandalkan teknologi seperti sekarang. Pengetahuan dasar internet sangat berguna bagi siswa SMP karena menjadi langkah awal dalam mengenal dunia luar karena mereka akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
SMP Negeri 3 Sumbang merupakan salah satu gambaran sekolah dari ratusan sekolah di Indonesia yang belum mampu menjangkau informasi melalui dunia maya. Untuk mengakses informasi lokal maupun nasional, baik guru ataupun siswa harus mencari di daerah lain.
Tenaga pengajar yang sangat minim juga menjadi kendala bagi sekolah karena hanya ada satu guru TIK disekolah tersebut, itupun guru tidak tetap yang meminjam dari sekolah lain. Hal tersebut menjadi hambatan bagi sekolah untuk menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Fasilitas yang sangat minim juga menjadi momok tersendiri bagi sekolah. Seperti komputer yang hanya ada satu unit di laboratorium TIK. Sehingga menghambat proses pembelajaran. Siswa hanya mendapat materi secara teoritis saja.
- METODE PELAKSANAAN
Dalam pelaksanaan program ini kami mengawali dengan survey awal objek sasaran untuk kegiatan pengabdian. Kami mencari informasi seputar SMP Negeri 3 Sumbang, sehingga dapat disimpulan seberapa penting media pembelajaran berbasis TIK diterapkan disekolah tersebut.
| ||||||
|
| |||||
|
- Sosialisasi
Karena sasaran dari program ini adalah siswa SMP, untuk itu kami mensosialisasikan materi secara teoritis bagaimana penggunaan internet secara bijak.
- Workshop
Karena metode sosialisasi ini masih mempunyai kendala maka kami melanjutkan dengan metode workshop. Sehingga peserta tidak hanya mendapat gambaran pengetahuan saja, namun bisa langsung mempraktikkan dan merasakan sendiri manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi siswa SMP, media ini dapat menjadi tambahan hiburan yang lebih bersifat mendidik apabila dibarengi dengan penggunaan sesuai kapasitas usianya.
- Angket
Siswa mengisi angket dengan tujuan agar kami dapat mengetahui sudah sejauh mana siswa mampu mengoperasikan internet. Sehingga kami dapat melakukan pendampingan untuk melengkapi kekurangan dalam transfer ilmu kepada siswa.
- Pendampingan
Dalam hal ini siswa sudah mampu menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Kami hanya melakukan pendampingan apabila ditengah-tengah nanti siswa menemui kesulitan.
I. JADWAL KEGIATAN
No. | Jenis Kegiatan | Bulan Ke- | |||||||||||||||
I | II | III | IV | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Persiapan dan perizinan | ||||||||||||||||
2 | Sosialisasi | ||||||||||||||||
3 | Pelatihan | ||||||||||||||||
4 | Pengisian angket | ||||||||||||||||
5 | Evaluasi | ||||||||||||||||
6 | Pendampingan |
J. RANCANGAN BIAYA
1. Biaya Habis Pakai | ||||
Spesifikasi | Jumlah | Satuan | Harga @ | Jumlah biaya |
kertas HVS | 9 | rim | 40000 | 360000 |
kertas buram | 9 | rim | 30000 | 270000 |
refill tinta | 9 | buah | 50000 | 450000 |
tinta warna | 9 | buah | 50000 | 450000 |
foto copy | 300 | lembar | 150 | 45000 |
spidol marker | 1 | pak | 50000 | 50000 |
buku agenda | 5 | buah | 25000 | 125000 |
ball point | 1 | pak | 15000 | 15000 |
Stopmap | 1 | pak | 10000 | 10000 |
co-card | 4 | buah | 5000 | 20000 |
Sertifikat | 130 | lembar | 5000 | 650000 |
block note | 130 | buah | 5000 | 650000 |
straples & isi | 2 | buah | 7000 | 14000 |
Poster | 130 | buah | 3000 | 390000 |
2. Bahan Dan Alat | ||||
sewa laptop | 5 | unit | 200000 | 1000000 |
sewa LCD | 2 | unit | 200000 | 400000 |
sewa sound | 2 | unit | 200000 | 400000 |
printer | 1 | unit | 700000 | 700000 |
sewa kamera | 2 | unit | 50000 | 100000 |
baterai charger | 2 | unit | 100000 | 200000 |
Modem | 5 | unit | 500000 | 2500000 |
3. Akomodasi | ||||
makan berat | 24 | kali | 10000 | 240000 |
snack ringan | 6 | kali @orang | 5000 | 30000 |
cofee break | 5 | orang | 2000 | 10000 |
transportasi | 1 | mobil | 600000 | 600000 |
Pulsa | 4 | nomor | 10000 | 40000 |
4. Proposal & Laporan | ||||
foto copy proposal | 100 | lembar | 150 | 15000 |
jilid proposal | 5 | bendel | 3000 | 15000 |
foto copy LPJ | 300 | lembar | 150 | 45000 |
jilid LPJ | 5 | bendel | 3000 | 15000 |
angket | 130 | lembar | 150 | 19500 |
evaluasi | 100000 | 100000 | ||
Jumlah Total | 9928500 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar