Kamis, 24 Mei 2012

Thalassemia Mendapat Perhatian Khusus

SEKIAN banyak penyakit yang kita ketahui, sebagian diantaranya merupakan penyakit genetik. Artinya penyakit ini dapat menurun kegenerasi berikutnya. Beruntung apabila penyakit tersebut tidak mematikan.
Thalassemia adalah satu dari sederet penyakit mematikan yang harus dicegah sejak dini karena sampai sekarang belum ada pengobatannya.
Tidak semua pusat layanan kesehatan dapat meminimalisir penyakit Thalassemia. Pasalnya penyakit ini membutuhkan perhatian khusus dari dokter yang menangani.
Joko Suseno, Manager laboratorium Klinik Prodia mengatakan bahwa kliniknya memberi perhatian khusus kepada penderita.
Terlebih dalam peringatan hari ulangtahun prodia yang jatuh pada (3/5) mendatang. Pihaknya memberi potongan harga hingga 20 persen untuk pelayanan semua jenis penyakit.
"Saat ini Prodia sedang fokus pada penyakit thalassemia karena di Banyumas penderita penyakit ini masih banyak, terutama di usia anak-anak," kata Joko, Kamis (26/4)
Thalassemia ditemukan di seluruh penjuru dunia. Frekuensi pembawa sifat thalassemia di Indonesia berkisar antara 6-10 persen. Artinya dari 100 orang terdapat 6-10 orang pembawa sifat thalassemia.
Penyakit ini menular melalui gen orangtua pada anak. Misalnya ibu atau bapak yang mengidap thalassemia maka akan menular pada anak. Si anak kemungkinan akan menderita thalassemia mayor 25 persen, minor 50 persen, dan normal 25 persen.

Thalassemia adalah penyakit kelainan darah yang diwariskan dari orangtua. Ditandai dengan kondisi sel darah merah mudah rusak sehingga penderita mengalami anemia.
Menurut Joko, anemia yang lama dan berat menyebabkan penderita tampak pucat, lesu, dan mudah sakit. Bahkan dapat menyebabkan gagal jantung, pembengkakan hati dan limpa. Untuk mengatasi anemia penderita harus menjalani transfusi darah dan pengobatan sepanjang hidupnya.
Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan yang ada hanya bersifat mengurangi gejala saja. Penanganan thalassemia umumnya adalah transfusi darah seumur hidup untuk memertahankan kadar hemoglobin, dan disisi lain mengatasi kelebihan besi serta infeksi hepatitis sebagai efek samping dari transfusi darah yang dilakukan.
Joko juga mengatakan untuk mencegah bertambahnya penderita thalassemia bisa dilakukan melalui skrining dan mengidentifikasi pembawa gen, menghindari perkawinan antara dua orang pembawa gen thalassemia, dan memeriksa janin dari kandungan pasangan pembawa penyakit ini.
"Penyakit ini sangat membahayakan. Jadi Prodia memberi perhatian khusus dalam penanganan Thalassemia. Kebetulan bertepatan dengan hari ulangtahun maka kami memberikan pelayanan khusus kepada masyarakat," kata Joko.
Program diskon ini berlaku tidak hanya untuk penyakit Thalassemia, namun untuk semua jenis penyakit kecuali biomolekuler.
Prodia yang terletak di Jalan S.Parman Nomor 946A Purwokerto ini menerima pemeriksaan kesehatan umum dan layanan khusus.
Untuk layanan umum meliputi pemeriksaan medical check up. Sedangkan layanan khusus terdapat laboratorium klinik untuk pemeriksaan darah, air seni, dan cairan tubuh lainnya.
Pasien tidak perlu khawatir karena Prodia juga menggunakan jasa dokter yang profesional, yaitu dokter Anton. (fitri nurhayati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar