Sabtu, 16 Maret 2013

Ingin Diakui Secara Nasional

Komunitas Penyair Insitut*


KOMUNITAS Penyair Institut (KPI) yang dimotori Irfan M Nugraha dengan sembilan punggawanya berkecimpung dalam dunia tulis-menulis. Sebagai penulis andal, tentunya mereka pun tidak hanya mendapatkan ide dari diri masing-masing namun memiliki referensi dari banyak penulis ternama lainnya.
Irfan mengatakan, kebanyakan buku yang mereka baca di antaranya berasal dari sastrawan terkenal. Yang paling dekat adalah dari Abdul Wachid BS. Sehingga karya yang mereka hasilkan atau yang naik cetak telah mengalami proses editing yang panjang.
Banyaknya karya yang telah diakui media masa memicu komunitas ini untuk tampil di kelas yang lebih tinggi yaitu di tataran nasional. Hal ini disampaikan Irfan sebagai harapan terbesarnya saat ini.
“Target terdekat kami setelah menerbitkan buletin maka karya kami akan diakui secara nasional. Kami terinspirasi dari beberapa komunitas menulis ternama yang telah ada,” kata Irfan.
Untuk mendapatkan hasil karya yang baik maka tidak hanya melakukan sharing atau sebatas diskusi dengan beberapa penulis. Namun diadakan pula diklat setiap penerimaan 10 anggota baru. Untuk ikut bergabung dalam komunitas ini pun cukup mudah, cukup memiliki keinginan untuk maju bersama.
Mengenai kemampuan yang dimiliki nantinya akan diasah bersama-sama. Pasalnya, berbicara tentang sastra, kata Irfan, merupakan tuntutan olah rasa, gagasan, filsafat, serta pemikiran yang harus dibiasakan untuk dilatih. (fitri nurhayati)

*dimuat di Harian SatelitPost edisi 10 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar